Home > Umum > Kecelakaan Industri Serius di PLTN Arkansas Nuclear One, 31 Maret 2013

Kecelakaan Industri Serius di PLTN Arkansas Nuclear One, 31 Maret 2013

Sebuah kecelakaan yang tergolong kecelakaan industri yang tidak melibatkan bahan radioaktif, telah terjadi di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Arkansas Nuclear One (ANO), di Russellville, Negara Bagian Arkansas, Amerika Serikat. Kecelakaan yang terjadi pada hari Minggu, 31 Maret 2013 sekitar pukul 7:45 pagi waktu setempat (19:45 WIB) tersebut menyebabkan satu orang meninggal dunia, sedangkan tiga orang lainnya menderita cedera cukup serius.

Image

PLTN Arkansas Nuclear One (diambil dari http://www.entergy-nuclear.com)

Kecelakaan tersebut terjadi saat stator dari generator listrik (lihat infografik) di unit 1 PLTN tersebut jatuh saat akan dikeluarkan dari rumah turbin (turbine building). Unit 1 PLTN ANO sedang dalam kondisi tidak beroperasi (outage) saat kecelakaan terjadi. Tidak beroperasinya unit 1 ini memang sesuai dengan jadwal masa penggantian bahan bakar. Karena kecelakannya tidak berhubungan sama sekali dengan bagian nuklir (nuclear island) dari PLTN tersebut, maka tidak ada bahan radioaktif yang keluar ke lingkungan karena kecelakaan tersebut.

Image

Generator listrik dalam sebuah pembangkit listrik terdiri dari dua bagian utama, stator (bagian yang diam) dan rotor (bagian yang berputar) (diambil dari http://www.hk-phy.org)

Image

Ilustrasi bagian-bagian utama dari sebuah PLTN (diambil dari http://nerdtrek.com/how-nuclear-power-works/)

Meski demikian, Badan Pengawas Nuklir Amerika (US NRC) tetap mengirimkan timnya dan memantau terus perkembangan dari penyelidikan terhadap kecelakaan yang memakan korban jiwa tersebut.

PLTN ANO dimiliki oleh Entergy Corporation, sebuah perusahaan penyedia listrik (utility company) di Amerika Serikat yang merayakan 100 tahun kelahirannya pada tahun 2013 ini. Entergy memiliki dan mengoperasikan pembangkit-pembangkit listrik yang kapasitas pembangkitannya secara keseluruhan berjumlah sekitar 30,000 megawatt. Dari keseluruhan kapasitas itu tadi, 10,000 megawatt diantaranya dihasilkan dari pembangkit listrik bertenaga nuklir (PLTN). Di wilayah negara-negara bagian Arkansas, Louisiana, Mississippi, dan Texas, pelanggan Entergy berjumlah sekitar 2,8 juta pelanggan dan memiliki karyawan sebanyak 15,000 orang.

Diambil oleh @katakatakunta dari siaran pers Entergy Corporation (http://www.entergy-nuclear.com/news_room/newsrelease.aspx?NR_ID=2692)

Dipublikasikan juga di http://luar-negeri.kompasiana.com/2013/04/01/kecelakaan-industri-serius-di-pltn-arkansas-nuclear-one-31-maret-2013-547472.html

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: