Home > Seminar > Special Educational Course on Nuclear Engineering oleh Tujuh Professor Jepang diselenggarakan di ITB

Special Educational Course on Nuclear Engineering oleh Tujuh Professor Jepang diselenggarakan di ITB

Selama lima hari berturut-turut, Senin (15/10/12) sampai Jumat (19/10/12), diselenggarakan kuliah singkat mengenai PLTN (pembangkit listrik tenaga nuklir) oleh JUNET-GNHRD (Japanese University Network  for Global Nuclear Human Resource Development ). Kuliah singkat ini diisi oleh tujuh professor dari Jepang dan satu professor dari Fisika ITB. Kuliah ini diikuti oleh mahasiswa Fisika S1 dan S2 serta dosen dari berbagai universitas di Indonesia seperti ITB, UGM, UIN dan STTN-BATAN Yogyakarta. Selain mahasiswa, pejabat dari BATAN dan BAPETEN hadir mengikuti perkuliahan ini. Ada sekitar 80 orang yang mengikuti perkuliahan singkat ini. Pada hari pertama, perkuliahan diselenggarakan di ruang staf baru gedung Fisika ITB. Perkuliahan hari pertama diisi dengan acara pembukaan. Dalam acara pembukaan ini, Toru Obara selaku perwakilan dari JUNET-GNHRD dan Prof. Ir. Hasanuddin Z. Abidin, M.Sc., Ph.D selaku perwakilan dari ITB memberikan sambutan. Pada acara pembukaan tampak hadir juga Fida Madayanti W, MS., Ph.D, Wakil Dekan Akademik FMIPA ITB. Perkuliahan pada hari pertama disajikan oleh Prof. Zaki Suud, dosen sekaligus ketua Kelompok Keahlian Nuklir dan Biofisika ITB, dan Prof. Akira Kawahara, dosen di Institut Teknologi Tokyo. Topik yang diangkat oleh Prof. Zaki Suud, yaitu Status program Nuklir di Indonesia saat ini dan rencana ke depannya,  sedangkan  Prof. Akira Kawahara mengenai status PLTN saat ini dan perspektifnya.

Peserta Special Educational Course on Nuclear Engineering di ITB

Pada hari kedua sampai hari terakhir penutupan, kegiatan perkuliahan ini diselenggarakan di Ruang Auditorium Gedung CC (campus centre) Timur ITB. Pada hari kedua, topik perkuliahan yang disajikan yakni Fisika Reaktor yang disampaikan oleh Prof. Toru Obara dan Bahan Bakar dan core Reaktor Nuklir yang disampaikan oleh Prof. Akira Nishimura. Pada hari ketiga, perkuliahan diisi oleh Prof. Yoshiaki Himeno dan Prof. Jun Sugimoto. Topik yang diangkat oleh Prof. Y. Himeno berkaitan dengan keamanan reaktor nuklir sedangkan Prof. J. Sugimoto berbicara mengenai kecelakaan PLTN Fukushima Daiichi. Pada hari keempat topik perkuliahan yang diangkat mengenai Termal hidraulik reaktor yang disampaikan oleh Prof. Yoshio Yoshizawa dan Siklus bahan bakar nuklir serta manajemen limbah nuklir yang disampaikan oleh Prof. Kosaku Fukuda. Di setiap akhir perkuliahan diadakan sesi tanya-jawab, setelah itu peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk mengerjakan soal atau menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pemateri. Pertanyaan yang diberikan oleh pemateri beragam, seperti studi kasus atau perhitungan sederhana berkaitan dengan materi perkuliahan.

Berbeda dengan empat hari sebelumnya, hari kelima diisi dengan presentasi dari peserta perkuliahan tersebut. Presentasi yang disampaikan berisi tentang kesan-kesan dan pelajaran apa yang didapat setelah mengikuti perkuliahan tersebut. Selain itu, peserta juga menyampaikan saran dan harapan ke depan mengenai kegiatan perkuliahan seperti ini. Acara ditutup oleh Dr Ferhat Aziz, M.Sc, Deputi BATAN Bidang Pendayagunaan Hasil Litbang dan Pemasyarakatan Iptek Nuklir (PHLPN) dan Prof. Toru Obara. Kemudian dilanjutkan dengan pembagian sertifikat oleh Prof. Toru Obara.
Categories: Seminar
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: