Home > Umum > Negara kaya minyak, Saudi Arabia, akan membangun 16 PLTN

Negara kaya minyak, Saudi Arabia, akan membangun 16 PLTN

Saudi Arabia berencana untuk membangun 16 PLTN sampai dengan tahun 2030, yang diperkirakan akan menelan biaya lebih dari 100 milyar dolar. Sebagai negara pengekspor minyak terbesar di dunia, Saudi terus berusaha untuk dapat memenuhi kebutuhan energinya yang terus meningkat dengan sangat cepat. Karenanya Saudi mempertimbangkan untuk memanfaatkan energi nuklir untuk meningkatkan kapasitas energi domestiknya.

Salah satu pejabat Saudi, Abdul Ghani bin Melaibari mengatakan bahwa Saudi akan memiliki 2 PLTN dalam 10 tahun kedepan, dan setelahnya mereka akan membangun 2 PLTN setiap tahunnya.

Setelah kejadian Fukushima, beberapa negara di dunia memutuskan untuk membatalkan program energi nuklirnya, namun demikian Saudi memutuskan untuk go nuclear, dimana nuklir direncanakan untuk memproduksi 20% kebutuhan listrik nasional.

Negara kaya minyak lainnya, Uni Emirat Arab, juga memutuskan untuk memanfaatkan energi nuklir, negara ini bekerjasama dengan Korea Selatan untuk membangun 4 PLTN.

Dari Media Nuklir:
Saudi Arabia adalah salah satu negara pengekspor minyak terbesar di dunia, selain itu sebenarnya Saudi juga memiliki potensi energi matahari yang besar, tapi ternyata negara ini memutuskan untuk memanfaatkan energi nuklir.

Kalau Saudi saja go nuclear, bagaimana dengan negara2 yang tidak punya cadangan minyak (dan potensi energi matahari) sebesar Saudi?

Sumber | WebCapture

Categories: Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: