Home > Buku, Edukasi > Belajar Reaksi Nuklir

Belajar Reaksi Nuklir

Berikut sedikit evaluasi mengenai Reaksi Nuklir. Pengetahuan ini merupakan hal yang sangat mendasar dalam Fisika Reaktor Nuklir. Berbeda dengan sumber energi fosil yang berasal dari reaksi kimia, sebagaiman secara eksplisit tersemat dalam namanya, Energi Nuklir berasal dari reaksi nuklir. Mempelajari suatu reaksi yang dapat menghasilkan energi 50 juta kali lebih besar dibanding kan reaksi kimia, dan telah berkontribusi mensuplai sekitar 15% kebutuhan listrik dunia tentunya sangat menarik dan menjadi bekal awal untuk menjawab tantangan desain reaktor nuklir selanjutnya.

Evaluasi (plus referensi) yang dihadirkan dalam postingan ini diharapkan bisa menjadi salah satu acuan untuk belajar dan mengevaluasi pemahaman mengenai reaksi nuklir.

Materi ini diambil dan diterjemahkan dari buku Fundamentals of Nuclear Reactor Physics oleh Pak E.E Lewis. Persamaan yang disebutkan dalam evaluasi merujuk pada referensi bacaan (berbahasa Indonesia) Bab 1 : Reaksi Nuklir yang berasal dari sumber yang sama. Merujuk kepada referensi online ataupun buku lain sangat disarankan, link ke salah satu halaman internet untuk referensi tabel periodik dapat dilihat dalam bagian `bibliografi` referensi diatas.

Selamat menikmati…

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: